Nidakhofiyya.com

Selamat datang di website kami. Nidakhofiyya.com adalah blog yang berisi tentang kajian keislaman, donasi, bisnis dan tips tips ringan yang berkualitas. Semoga website ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya buat kaum muslimin khususnya serta masyarakat secara umum.

Like US On Facebook

Wednesday, June 13, 2018

Insulin untuk pengobatan diabetes


Insulin untuk pengobatan penyakit diabetes. Sebelum kita bahas apakah insulin itu marilah kita sedikit mengetahui diabetes. Diabetes adalah penyakit yang diakibatkan karena kurangnya produksi hormon sehingga kadar gula dalam darah dalam tubuh masih tinggi, bahkan gula yang sebenarnya untuk sumber energi itu terbuang dalam air seni. Kandungan gula yang tinggi ini mengakibatkan aliran darah di dalam tubuh tidak lancar karena darah bersifat kental. Hal ini juga mengakibatkan ginjal bekerja ekstra keras untuk menyaringnya. Sehingga apabila semakin parah ginjalpun akan mengalami kerusakan karena tidak bisa menyaring.
Diabetes dibedakan menjadi dua tipe.
Tipe 1 : adalah diabetes yang disebabkan tubuh tidak memproduksi insulin, sehingga insulin harus disuntikkan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Biasanya tipe 1 ini terjadi pada anak-anak dan remaja yang perkembangannya bisa berlangsung dengan cepat.
Tipe2: adalah diabetes yang pankreas masih memproduksi insulin, kan tetapi sel-sel tubuh tidak merespon dengan normal. Tipe 2 ini terjadi disebabkan karena pola makan yang salah yaitu terlalu banyak gula yang dikonsumsi. Biasanya timbul setelah menginjak usia 40 tahun.
produk insulin

Apakah insulin itu?
Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas kita, berfungsi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Caranya adalah dengan membantu perpindahan glukosa dari aliran darah ke sel tubuh. Jika tubuh kurang dalam mempruduksi insulin maka injeksi insulin ini dalam kondisi lanjut sangat dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar normal. Insulin buatan ini hanya bisa diberikan melalui injeksi, kalau diberikan secara oral maka akan rusak oleh asam lambung. Pada jaman dahulu insulin ini diambil dari pankreas babi dan sapi. Tetapi insulin sekarang yang digunakan adalah insulin buatan pabrik farmasi dengan rekayasa genetik yang mirip dengan insulin manusia. Sehingga insulin ini aman digunakan untuk mengobati penyakit diabetes.
Penggunaan Insulin jarang mengakibatkan efek samping karena merupakan substansi alamiah tubuhsehingga tubuh memerlukan tambahan dari luar (injeksi insulin). Alergi biasanya ruam pada kulit / kemerahan. Efek yang lain adalah turunnya kadar gula secara drastis (hipoglikemi). Hal ini bisa dihindari dengan minum obat secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter.
Insulin sebaiknya disimpan di kulkas, hindari penyimpanan di freezer karena akan mengakibatkan kerusakan. Pada suhu di bawah 30 derajat celsius dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Hal ini untuk menjaga dari kerusakan dan supaya insulin tetap bagus untuk terapi diabetes. Insulin sebelum dibuka bisa disimpan sampai tanggal kadaluarsa. Tetapi apabila kemasan sudah dibuka bisa disimpan antara 6 sampai 8 minggu saja.
Insulin sudah tidak boleh digunakan bila:
1. Telah kadaluarsa
2. Terjadi pengendapan yang tidak larut bila dikocok.
3. Terkontaminasi dengan unsur lain
insulin


Insulin bisa didapatkan dengan resep dokter.  Bisa dibeli di apotek-apotek terdekat. Kemasannya biasanya3 ml kemasan pen / cartridge  & 10 ml kemasan vial. Insulin untuk pengobatan penyakit diabetes 

No comments:

Post a Comment