Nidakhofiyya.com

Selamat datang di website kami. Nidakhofiyya.com adalah blog yang berisi tentang kajian keislaman, donasi, bisnis dan tips tips ringan yang berkualitas. Semoga website ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya buat kaum muslimin khususnya serta masyarakat secara umum.

Like US On Facebook

Wednesday, June 13, 2018

Manajemen Nyeri

Manajemen Nyeri
Nyeri adalah suatu pengalaman sensori dan emosional yang tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan yang tampak maupun tak tampak.  Hanya anda yang dapat menjelaskan bagaimana jenis dan karakter nyeri anda, sebab tiap orang memiliki reaksi  yang berbeda beda terhadap nyeri.
Pembagian nyeri menurut batasan waktu:
1.       NYERI AKUT
Penyebabnya biasanya diketahui  saat trauma, pasca operasi, proses penyakit sebelumnya dengan durasi relatif pendek. Dan bila penyebabnya dihilangkan maka nyeri juga akan sembuh dengan sendirinya. Nyeri ini lebih dikenal dengan simptomatik.
Ada beberapa cara obat nyeri  dapat diberikan:
a.       Obat yang diminum. Dapat berupa tablet, kapsul, pil ataupun sirup
b.      Obat yang disuntik. Perawat anda akan menyuntikkan obat nyeri ini sesuai petunjuk dokter. Biasanya kalau di rumah sakit melalui jalur infus yang sudah dipasang
gambar otak saat nyeric.       Obat yang disuntik berkelanjutan. Obat ini akan disuntikkan dengan alat khusus dan diatur sesuai dengan instruksi dokter. Obat masuk secara terus menerus untuk memastikan kadar obat dalam tubuh anda selalu stabil dan mencegah serangan nyeri.
d.      Obat uang diberikan melalui epidural. Epidural adalah suatu alat selang khusus yang dipasang  di dalam ruang epidural yang terletak di tulang belakang. Melalui selang ini dokter anestesi dapat memasukkan obat yang akan bekerja langsung di saraf-saraf tulang belakang sehingga dapat mengurangi nyeri yang terjadi dari luka operasi.
e.      Obat yang ditempel ke kulit (patch). Kini juga tersedia obat nyeri dalam bentuk plester / patchyang ditempel di kulit. Obat akan diserap oleh kulit secara perlahan dan dapat bekerja sampai beberapa hari.
2.       NYERI KRONIK
Penyebabnya sering sulit diketahui, biasanya disertai oleh penyakit sebelumnya atau cedera misalnya radang sendi, nyeri tulang belakang, nyeri bahu, kanker, nyeri tetap terjadi meskipun telah terjadi penyembuhan jaringan dalam waktu > 3 bulan, durasi panjang, dan nyeri ini lebih dikenal dengan “ penyakit”.
Nyeri kanker adalah salah satu contoh nyeri kronis khusus yang disebabkan oleh peradangan, cedera saraf dan jaringan yang disebabkan oleh sel kanker.
Tipe nyeri yang ditimbulkan dapat berbeda-beda bagi tiap orang bergantung pada jenis kanker yang diderita. Terapi yang sudah didapat dari penyakit lain yang diderita.
Untuk mendapat terapi yang terbaik, seringkali perlu mencoba berbagai terapi dan menilai efeknya. Cara coba-coba ini bukan berarti salah , namun  karena nyeri kronis sangat rumit dan setiap rasa nyeri pada masing-masing individu berbeda sifatnya

HAL PENTING YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG NYERI:
1.       Ungkapkan nyeri yang anda rasakan secara jujur. Dokter dan perawat mengevaluasi pemberian  obat nyeri sesuai dengan yang anda ungkapkan
2.       Obat yang diberikan dapat dikombinasi. Seringkali dokter anda mengkombinasi beberapa obat sekaligus. Misalnya obat suntik dan obat minum diberikan bersamaan, atau beberapa tablet antinnyeri diberikan bersamaan. Hal ini untuk mengatasi rasa nyeri anda lebih efektif.
3.       Jangan takut ketergantungan obat nyeri. Dokter anda akan mengatur dosis dan pemberian obat yang efektif dan aman sehingga tidak menimbulkan ketergantungan obat. Dukungan orang terdekat akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan yang muncul akibat nyeri.
4.       Rasa nyeri yang tidak tertangani dengan baik dapat menganggu kesehatan fisik maupun emosional. Penanganan nyeri sangat penting untuk kesehatan dan kualitas hidup anda.

Terapi nyeri non-obat
a.       Kognitif: informasi, distraksi, atensi, hipnosis, psikoterapi
b.      Perilaku: latihan, terapi relaksasi
c.       Fisik: pijat, fisioterapi, stimuli termal, akupunktur
Yang tidak kalah penting:

Konsultasikan dengan dokter anda , bila  nyeri berlanjut sesudah minum obat segeralah konsultasikan dengan dokter anda.

No comments:

Post a Comment